SEKUAT MIMPI, SETEKAD ASA | Oleh : Reni Rahmasari, S.Pd

            Hidup memiliki sifat fluktuatif, terkadang berada dalam posisi kejayaan, Sukses karir, Target hidup dan impian, tapi tidak sedikit juga yang terjebak dalam keterpurukan, mengalami kegagalan berulang, kesulitan ekonomi, kesulitan managemen konflik internal. Seorang Tokoh Dunia mengatakan “Life is like ridig a bicycle, to Keep your Balance, You must keep moving”  Hidup itu seperti Orang sedang naik Sepeda, terus bergerak adalah kunci supaya tetap seimbang dalam menjalaninya. Ada target yang dicapai dan ada usaha untuk mendapatkan target tersebut. Orang naik sepeda bukan karena kayuhannya yang kencang penuh tenaga dan melaju cepat, tetapi bagaimana keseimbangan dia untuk terus bergerak yang stabil, melaju dengan konstan, dan tepat sesuai dengan target yang diinginkan. Manusia terkadang hanya fokus pada salah satu saja, senang merajut mimpi – mimpi besar tapi tidak memikirkan bagaimana langkah – langkah yang dipersiapkan untuk menembus mimpi tersebut. Angan – angan ini hanya akan seperti menangkap udara dengan gemnggaman tangan, sebenarnya mudah tapi tidak diiringi dengan strategi juga akan menjadi hal sia – sia. Ada juga yang hanya fokus dengan kerja keras dalam hidupnya, giat dalam melakukan suatu hal tapi tidak memiliki mimpi target dalam hidupnya. Hal ini seperti orang menimba air dengan ember yang rusak, ada kerja keras tapi tidak tau targetnya apa. Sehingga tidak bisa menganalisis faktor kekurangan yang sedang dikerjakan.

 

            Berawal dari mimpi kecil, menjadi orang yang mampu Disiplin Waktu yaitu memanagmen waktu dalam setiap kegiatan aktivitas harian.  Seseorang akan termotivasi dalam memenuhi mimpinya, usaha untuk memenuhi mimpi tidak hanya selesai dalam satu atau dua malam saja, melainkan terus dilakukan meskipun dengan paksaan. Memang sulit untuk mengawalinya, namun “paksaan” yang dilakukan akan memberikan pengaruh dalam hidup kita yang secara tidak langsung dan tanpa disadari akan membuat kita memiliki Habit baru.  Ketika seseorang sudah memiliki Habit yang baik dalam hal managemen waktu, maka dia akan terbiasa untuk memanfaatkan waktu dalam setiap kegiatan yang dilakukannya, terutama terutama timing dalam setiap langkah – langkah untuk mencapai mimpi besarnya. Memenuhi target sesuai dengan waktu yang ditetapkan akan sulit tercapai jika Tekad kita tidak kuat.

 

            Tekad yang kita tanamkan dalam diri menjadi modal utama untuk meraih target dan mimpi besar kita. Dorongan internal menjadikan seseorang akan benar- benar fokus dengan target dan mimpi yang akan dicapai. Fokus dengan aksi langkah – langkah yang dilalui, fokus dengan proses, fokus dengan tujuan. Secara tidak langsung akan memberikan cambuk tersendiri untuk terus bergerak.

 

            Jalankan sepeda mimpi kita dengan terus bergerak dalam memenuhi langkah – langkah mimpi besar yang telah kita rangkai,  kayuh dengan semangat dan tanpa putus asa, meskipun jalan mimpi tidak semulus aspal hitam yang kita lewati.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.